Jumat, 12 Oktober 2012

2 Sistem Yang Digunakan Dalam Perusahaan


Dalam mencatat persediaan pada perusahaan ada dua sistem/ metode yang dapat digunakan oleh perusahaan, yaitu :
  • Sistem Periodik (Periodical System/ Physical System)
Dalam sistem/metode pencatatan persediaan ini hanya dilakukan pada akhir periode akuntansi atau pada saat akan menyusun laporan keuangan perusahaan.
Kelebihan Sistem Periodik : Perusahaan dapat lebih mudah dalam pencatatannya karena tidak setiap terjadi transaksi yang mempengaruhi persediaan dicatat tetapi hanya pada setiap akhir periode akuntansi sehingga dapat menghemat waktu dan menghemat tenaga kerja.
Kelemahan Sistem Periodik : Apabila terjadi kehilangan barang persediaan maka tidak dapat diketahui oleh perusahaan.   
  • Sistem Permanen/Terus-menerus ( Perpectual System ) 
Dalam sistem/metode pencatatan persediaan ini dilakukan secara continue/terus-menerus, yaitu setiap terjadi transaksi yang mempengaruhi persediaan dicatat dalam rekening persediaan.
Kelemahan Sistem Permanen : Tidak menghemat waktu dan tenaga kerja, karena perusahaan harus lebih teliti untuk mencatat apabila terjadi transaksi yang mempengaruhi persediaan perusahaan.
Kelebihan Sistem Permanen : Karena setiap terjadi transaksi yang mempengaruhi persediaan dicatat dalam rekening persediaan maka perusahaan menjadi lebih teliti dan meminimalisir akan terjadinya kehilangan barang persediaan, tetapi apabila terjadi kehilangan barang persediaan maka akan lebih mudah untuk melacak.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kalau contoh sistem permanen apa ?

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates