Rabu, 07 November 2012

Macam-macam metode menurut harga perolehan


Menurut system periodic terdapat beberapa cara, seperti berikut ini :
A.      METODE TANDA PENGENAL KHUSUS ( Spesific Identification Method )
Yaitu member tanda-tanda khusus yang sama untuk setiap barang yang harga perolehannya sama, sehinnga ada waktu mengadakan inventaris dikelompokkan menurut tandanya.
B.      METODE FIFO
Yaitu adanya anggapan bahwa persediaan / pembelian pertama dijual lebih dulu, sehingga saldo (persediaan akhir) dinilai menurut pembelian yang terakhir.
C.      METODE LIFO
Yaitu adanya anggapan bahwa setiap penjualan dinilai menurut harga beli yang terakhir, sehingga saldo (persediaan akhir) dinilai menurut pembelian yang pertama/persediaan awal.
D.      METODE AVERAE
Yaitu persediaan dinilai menurut harga rata-rata dan jumlah barang yang diperolh/dibeli.
E.       METODE NILAI PENGGANTI (Replacement Costs)
Dalam metode ini besarnya persediaan tidak selalu sama dengan harga perolehannya, tetapi sesuai dengan prinsip akuntansi (konservatisme) jika ternyata harga pasar lebih rendah, maka persediaan harus dicatat sebesar nilai penggantinya (sebesar harga pasar). Maka metode ini disebut Cost of Market whichever is lower (metode terendah antara harga perolehan dengan harga pasar). Karena persediaan dicatat dibawah harga perolehannya, maka untuk penilaian tersebut harus dibuat jurnal penyesuaiannya. Penerapan metode nilai terendah antara harga perolehan dengan harga pasar dapat dilakukan berdasarkan :
a.       Setiap jenis barang
b.      Masing-masing bagian/kelompok
c.       Total seluruh persediaan

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates